Pandangan Umum Ketua Forum



Forum Komunikasi Kepala Puskesmas Kabupaten Karawang (selanjutnya disebut FKKP) adalah sebuah wadah organisasi semi formal seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Karawang. Gagasan pembentukan FKKP pertama kali dicetuskan tiga tahun yang lalu (2012) oleh para Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten yang terkenal dengan slogan Pangkal Perjuangan ini. Ketua Forum ketika itu adalah Dr. Misbah, M.Kes, AIFO, yang ditetapkan secara aklamasi oleh mayoritas Kepala Puskesmas saat itu.

Tiga tahun berjalan dengan segala dinamikanya, kini FKKP memasuki periode tiga tahun kedua. Sedianya, sejumlah Kepala Puskesmas masih menghendaki Dr. Misbah tetap sebagai Ketua. Namun, sehubungan yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai Ketua Forum, maka akhirnya posisi Ketua ditetapkan secara aklamasi. Dan yang mendapat “musibah” sebagai Ketua Forum adalah Dr. La Ode Ahmad (Kepala Puskesmas Cikampek).

FKKP diharapkan menjadi wadah perekat dan sekaligus penguat soliditas maupun solidaritas seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten yang juga terkenal sebagai salah satu Kawasan Penyangga Jakarta ini. Tanpa soliditas dan solidaritas yang kokoh tampaknya sulit untuk membangun sinergitas yang kuat untuk mewujudkan kesehatan yang lebih baik, khususnya di domain pelayanan kesehatan dasar dengan mainstream promotif-preventif, tentu saja tanpa melupakan aspek-aspek kuratif-rehabilitatif. Dalam era JKN/BPJS saat ini, posisi Puskesmas sebagai FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) semakin vital. Pada titik ini, peran strategis Puskesmas hanya bisa diwujudkan dengan baik manakala seluruh institusi layanan kesehatan dasar milik pemerintah ini semuanya berkomitmen kuat untuk mengejawantahkannya. Komitmen kolektif yang kuat itu membutuhkan prakondisi yang kondusif, yakni soliditas dan solidaritas.

Dengan membangun soliditas dan solidaritas yang kuat, FKKP yakin bahwa di sanalah kemudian integritas kolektif itu akan memperlihatkan titik cerahnya. FKKP faham benar bahwa ketiga elemen itu (soliditas, solidaritas, integritas) bukan perkara mudah untuk mewujudkannya, akan tetapi pada saat yang sama FKKP faham benar pula bahwa semua itu tidak mustahil diwujudkan. Di sinilah titik sentral paling krusial eksistensi FKKP akan teruji. Hidup matinya FKKP, timbul tenggelamnya FKKP, akan berbanding lurus dengan eksistensi ketiga elemen vital itu. Ketika FKKP gagal membangun soliditas misalnya, dan ini jangan sampai terjadi, maka itulah saat kematiannya.

Dengan cara pandang seperti di atas, FKKP tidak akan memberi ruang sedikitpun bagi pemikiran-pemikiran primordial diskriminatif atas nama perbedaan profesi . FKKP adalah forum yang didedikasikan untuk menghimpun kekuatan kolektif insan kesehatan tanpa memandang perbedaan-perbedaan profesi. FKKP adalah wadah pemersatu kekuatan intelektual, kekuatan manajerial dan sekaligus kekuatan kerja inovatif kreatif nyata seluruh kepala puskesmas, apapun background profesinya.

Dalam ranah organisatoris kedinasan, FKKP diharapkan menjadi semacam “katalisator” bagi kebutuhan komunikasi timbal balik, atau katakanlah komunikasi dialogis, antara Dinas Kesehatan dengan seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten yang populer pula dengan sebutan Lumbung Padi ini. FKKP dengan sendirinya akan menjauhkan diri dari pola-pola relasi kedinasan yang tidak konstruktif.

Wujud konkrit dari semua gagasan yang hendak diperjuangkan oleh FKKP adalah, terwujudnya Puskesmas yang terakreditasi penuh di seluruh Kabupaten Karawang dalam rangka menunjang realisasi pelayanan kesehatan yang bermutu dan merata, sebagai prasyarat menuju terciptanya derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Ke titik inilah semua muara perjuangan FKKP akan diarahkan.

Melalui FKKP, keunggulan-keunggulan di satu puskesmas akan ditularkan ke puskesmas lainnya. Bahkan, jika keunggulan itu berada di Puskesmas di luar Kabupaten Karawang misalnya, maka dengan segala potensi kolektif yang dimiliki oleh FKKP, studi kolaboratif antar puskesmas (lintas kab/kota atau bahkan lintas propinsi) bisa saja diselenggarakan untuk mengadaptasi berbagai keunggulan itu.

Akhirnya, sebagai penutup, keputusan FKKP untuk membangun website khusus di kemudian hari, dengan rintisan awal berupa Weblog (Blog) sederhana ini, adalah pilihan yang tak terelakkan di era globalisasi informasi saat ini, khususnya ketika komunikasi berskala universal dengan delapan ribuan puskesmas yang ada di negeri ini ingin pula dijalin secara erat meski secara fisik terpisah oleh ribuan gugusan pulau. Wallahua’lam.

Related Posts:

0 Response to "Pandangan Umum Ketua Forum"

Posting Komentar